Restorasi Indonesia



Apa itu Restorasi Indonesia ?
Restorasi adalah gerakan untuk mengembalikan, memperbaiki, memulihkan, serta memajukan Pancasila sebagai jatidiri negara bangsa sebagai dasar kehidupan bersama.  Restorasi Indonesia perubahan pola pikir masyarakat Indonesia dari kepura-puraan menjadi keterusterangan.  Restorasi adalah metodologi gerakan perubahan untuk memperbaiki kondisi (negara, bangsa dan masyarakat) yang sedang rusak atau menyimpang dari tujuan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945.

Darimana gagasan ini muncul ?
Gagasan ini muncul dari seorang anak bangsa bernama Surya Paloh yang gelisah melihat situasi dan kondisi berbangsa dan bernegara.  gagasan ini terinspirasi dari gerakan Restorasi Meiji yang merupakan jawaban bagi bangsa Jepang terhadap demoralisasi dan liberalisasi yang terjadi, agar mereka tidak kehilangan karakter nasionalismenya dan menjadi bangsa yang maju.

Mengapa harus Restorasi Indonesia ?
Restorasi yang diusung adalah sebuah kesadaran untuk tetap hadirnya harapan dan optimisme terhadap kehidupan di negeri ini melalui gerakan moral untuk melakukan perubahan MENTALITAS dalam kebersamaan untuk memajukan negeri.  Karena kehidupan nasional kita saat ini sudah berada pada titik nadir yang mengkhawatirkan.  Reformasi 1998 sebagai tonggak ikhtiar demokratisasi Indonesia, ternyata menyisakan kekecewaan banyak orang.  Demokrasi menjadi rutinitas suksesi kekuasaan tanpa memunculkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, visioner, dan layak diteladani. Neoliberalisme begitu mantap mencengkram ekonomi Indonesia, sementara jatidiri sebagai orang Indonesia semakin tercerabut.  Restorasi Indonesia meletakkan tujuan dan cita-cita dengan menjadikan Pancasila sebagai senjata spiritual, dan rakyat Indonesia sebagai senjata materialnya.

Apa yang akan direstorasi oleh Partai NasDem ?
Pertama, restorasi negara bangsa yang berupa upaya membangun keteladanan kepemimpinan, membangun karakter gotong royong sesuai dengan Dasar Negara dan membangun kepercayaan rakyat terhadap institusi negara.
Kedua, restorasi kehidupan rakyat yang berupaya membangun gerakan arus bawah atas prakarsa rakyat, yang membawa nilai-nilai kebajikan, spiritualitas kebangsaan, solidaritas sosial, kearifan Budaya lokal, dan etos kerja yang produktif.
Ketiga, restorasi kebijakan Internasional yang berupa upaya membangun keseimbangan baru dalam tata dunia yang lebih adil, damai dan menjaga kelestarian alam semesta.

Apa yang dibangun Partai NasDem ?
Partai NasDem memprioritaskan programnya pada 3 bidang, yaitu basis pertanian yang kuat, ekonomi maritim yang terpadu, dan Indonesia yang terhubung dari ujung timur sampai barat. Pelaksanaan Program dilakukan sbb: Membangun infrastruktur yang bernama Trans Indonesia untuk membangun persatuan Indonesia dari sabang sampai merauke.  Membuka akses Desa-desa terpencil untuk memiliki akses langsung ke kota-kota dalam memajukan perekonomian rakyat. Melanjutkan cita-cita Bung Karno membangun jembatan Selat Sunda, Selat Bali, dan lainnya. Menggiatkan industri terpadu dalam pengelolaan hasil pertanian dan kelautan untuk mendukung pengembangan ekonomi maritim dan pertanian.  Menurunkan Bunga pinjaman Bank untuk bantuan modal para pelaku ekonomi kecil di bidang Pertanian dan maritim. Mengembalikan peran pemerintahan secara total dalam pemasaran produk-produk pertanian, kelautan dan industri kecil dalam negeri, sehingga petani, nelayan, dan pelaku usaha kecil tidak perlu kebingungan dengan spekulasi harga yang berubah-ubah.  Membangun kemandirian industri pangan khusus dalam padi, jagung, kedelai, dan tebu.

Bagaimana Partai NasDem menjalankan program tersebut ?
Satu-satunya cara adalah dengan memenangkan Pemilu 2014 dan menguasai mayoritas kursi di DPR. Karena hanya dengan kebijakan negara serta pemerintahlah arus besar restorasi Indonesia bisa diwujudkan. gagasan dan konsep yang hebat kalau tidak bisa direalisasikan hanya akan menjadi wacana semata. Untuk itu kemenangan Partai NasDem di 2014 adalah syarat mutlak dari restorasi Indonesia.

Bagaimana rakyat terlibat  dalam program aksi Partai NasDem ?  
Partai NasDem akan mengonsolidasikan kekuatan rakyat untuk menjadi penyokong utama kemenangan Partai NasDem di 2014.  Dalam sistem demokrasi, rakyatlah yang menjadi Tuan, sementara Partai adalah pelayan dari aspirasi rakyat tersebut.  Kemenangan Partai NasDem sangat ditentukan oleh partisipasi rakyat dalam mendukung kehadiran dan agenda-agenda perjuangan pertai. Untuk itu Partai NasDem mengajak semua lapisan rakyat untuk mendaftarkan diri sebagai anggota dan pemilih pasti Partai NasDem di Pemilu 2014.

Mengapa Partai NasDem harus menang Pemilu ?
Dengan memenangkan Pemilu yang artinya mendapat dukungan moril dan spiritual dari rakyat Indonesia, Partai NasDem akan menjadi titik sumbu pergerakan dalam membangun Indonesia yang bermartabat. Tanpa dukungan tersebut mustahil perubahan akan terjadi di negeri ini.  Dengan demikian Partai NasDem bukan hanya berurusan dengan kekuasaan semata, namun juga membangun peradaban dan karakter bangsa.

Apa yang dilakukan Partai NasDem setelah memenangkan Pemilu ?
Setelah Partai NasDem memenangkan Pemilu legislatif, tugas konstitusional pertama adalah melakukan inventarisir terhadap produk perundang-undangan yang bertentangan (diskrepansi) dengan UUD 1945. Para legislator dari Partai NasDem akan memperjuangkan amandemen atau penghapusan terhadap setiap produk perundang-undangan yang bertentangan dengan UUD 1945.

Dimana rakyat dapat mengetahui informasi dan agenda kegiatan Partai NasDem ?
Partai NasDem membuka diri dengan mendirikan struktur partai sampai ketingkat TPS.  Disamping itu Partai NasDem juga memiliki organisasi sayap dan Badan seperti Garda Pemuda NasDem untuk kalangan Pemuda-pemudi yang akan menyalurkan minat dan bakat mereka.  Garda Wanita Malahayati NasDem wadah kaum wanita untuk memperjuangkan hak dan aspirasi mereka.  Liga Mahasiswa NasDem  organisasi yang merekrut dan mendidik mahasiswa-mahasiswa sebagai tenaga profesional partai.  Gerakan Massa Buruh NasDem sayap Buruh dalam menyalurkan tuntutan dan kesejahteraan mereka.  Badan Advokasi Hukum Partai NasDem sebuah badan yang menyediakan pengacara-pengacara probono untuk membela kasus-kasus rakyat yang mengalami deskriminasi hukum.  Serta masih banyak lagi jejaring yang disediakan oleh Partai NasDem tempat rakyat Indonesia bisa berhimpun dan bergerak bersama menuju restorasi Indonesia.
    Blogger Comment
    Facebook Comment