Surya Paloh Tawarkan Ambang Batas Parlemen 7%

 


JAKARTA (12 November): Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh kembali mengusulkan kenaikan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) dari 4% menjadi 7%. 

Surya Paloh meyakini, kenaikan presentase ambang batas parlemen itu mampu mendorong pelembagaan demokrasi yang semakin matang dan berkualitas.

“Partai NasDem dari awal berdiri sudah menawarkan upaya penyederhanaan partai politik melalui kenaikan parliamentary threshold tujuh persen,” kata Surya Paloh dalam pidato HUT ke-9 Partai NasDem yang disampaikan secara virtual, Rabu (11/11). Acara HUT ke 9 Partai NasDem dipusatkan di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Pancoran, Jakarta Selatan.

Jika ambang batas parlemen naik dari 4% menjadi 7%, Surya Paloh menawarkan ambang batas presidensial menjadi 15%. Saat ini Presidential Threshold ditetapkan sebesar 20% suara sah nasional atau 25% kursi DPR RI.

"Angka itu untuk membuka ruang partisipasi putra-putri terbaik bangsa guna mengaktualisasikan diri sebagai pemimpin negara," tegas Surya Paloh.

Partai NasDem, kata Surya Paloh, juga menginisiasi amendemen undang-undang khusus terkait keserentakan pemilihan umum (pemilu) legislatif dan pemilu presiden. Niat itu adalah hasil evaluasi dan refleksi Partai NasDem terhadap mekanisme pemilu yang sudah berjalan.

“Partai NasDem dari waktu ke waktu senantiasa mencoba menyajikan praktik politik dan praktik berdemokrasi yang maju,” jelasnya.(HH/*) 


Share on Google Plus

About partainasdempasuruan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar