some_text

Inspirasi Dari Kedua Tokoh. Pengetahuan Antara Umum dan Agama dalam Education Bagi Generasi Now

Cukup Akrab Obrolan santai dan saling bercengkrama yang dilakukan Kedua Tokoh saat Silaturahim KH. Mujib Imrom Selaku Pemangku Pondok Pesantren AL-Yasini Kab.Pasuruan beserta rombongan ke kediaman Kaji Joko Ketua DPD Partai NasDem Kab. Pasuruan yang juga sebagai pimpinan DPRD Kabupaten Pasuruan. Pertemuan tersebut banyak memberikan inspirasi untuk di ekskusi di Kota Santri. Rabu, (14/2)

Pertemuan kedua tokoh Ulama’ serta tokoh Politik tersebut memberikan banyak inspirasi terkait pola sistem Pendidikan Generasi di zaman Now. Bahkan Ia juga menyampaikan pengalaman masing-masing dalam membangun Kabupaten Pasuruan. Tampak hadir pula Pengurus DPD Partai NasDem Kab.Pasuruan , Nanang Purnomo Sekretaris  , Bambang Ketua Bappilu , Ahmad Wakil Bendahara dan juga Eko Wahyono Staf Ahli Fraksi Partai NasDem DPRD Pasuruan.  

Kedua Tokoh tersebut juga mendiskusikan Formasi Materi Agama dan Akhlak dengan pendekatan pelibatan multi pihak dalam implementasinya merupakan ide yang bagus di Dunia Pendidikan. Hal itu sangat penting dalam rangka membangun generasi muda kedepan.

" Keluarga kami memberlakukan Pemberian Materi Agama dan Budi Pekerti serta adab, akhlak dan sopan santun sejak TK, SD, sedang untuk SMP wajib untuk mengenyam Pendidikan di Pondok Pesantren , dengan materi pendidikan yang balance antara Materi Agama dan Umum. Sehingga sesudah menyelesaikan masa asuh di Pondok maka Anak Anak juga siap menempuh Pendidikan Umum di Perguruan Tinggi Negeri bersaing dengan yang lainnya “ Ungkap Kaji Joko

Pentinganya keseimbangan pengetahuan Umum dan Agama agar Si Anak disatu sisi mampu bertahan di tengah akselerasi perkembangan jaman yang luar biasa pengaruh multi aspek plus dan minusnya dengan fondasi Agama yang kuat , disatu sisi nilai nilai dan kepribadian Anak yang terasah dan terbentuk sejak usia dini akhirnya mampu menjadi panglima sekaligus Pilar bagi Keluarga juga Lingkungan sekitarnya , yang  ekses lebih besarnya pilar dalam tata kehiduoan berbangsa dan bernegara.

Ia juga memberikan gambaran “ Restorasi sebagai bagian dari cita-cita perubahan yang konstruktif dan realistis dalam berbangsa dan bernegara , perlu diterjemahkan di multi profesi dan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tidak ada yang abadi selain Perubahan “ Lanjut Kaji Joko  

Sebagaimana contoh sederhananya, tatkala pelaku dalam berdemokrasi sedang berkutat  memperkuat posisinya sebagai lembaga yang memiliki keistimewaan "superbody" namun masih saja membuat perisai benteng diri dari "proses hukum" , maka Partai NasDem menyuarakan sangat tidak setuju, hal itu yang disikapi pada rapat Paripurna dalam pembahasan UU MD3 dengan aksi walk out , sikap itulah yang sejalan dengan spirit Restorasi , bahwa Azas "Equal before the law" dimana semua orang sama kedudukannya di mata hukum di kedepankan.

Cukup Menarik Contoh diatas jika di jabarkan secara luas , misalnya di aspek Pendidikan. Maka Pendidikan bagi Generasi Muda tidak cukup hanya sekedar Formalitas Education bagi Generasi Now. Tapi streesing di Pendidikan Agama , Akhlak, Adab dan Sopan santun perlulah di berikan juga. Sehingga tatanan dan peradaban sebagai bangsa yang berbudaya dan beragama koridornya jelas.

“ Mengingat Kabupaten Pasuruan adalah basis Pondok Pesantren sebagai Gudangnya Kyai dan Ustad yang notabene fasih dalam Ilmu Agama. Saling silang Materi dimana Pendidikan Umum juga memberikan Materi Pendidikan Agama secara masif dan Konstruktif, sebaliknya Pondok Pesantren juga memberikan materi Umum dalam membekali para Santri sebagai senjata menjalani kehidupan pada umumnya “ Paparnya.

KH. Mujib Imron Pemangku PP Al-Yasini tersebut. Politisi yang lahir dan besar bersama NU diakhir silaturahminya juga memberikan Kenang-kenangan buku tentang ke-NU-an kepada Ketua DPD Partai NasDem Pasuruan. Kaji Joko dan sejumlah pengurus yang lain. (uzi)
Share on Google Plus

About partainasdempasuruan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar