some_text

Hidupkan Seni Tradisional, Di Tengah Modernisasi


Di tengah perkembangan zaman dan gemerlap perkembangan hiruk Pikuk kota, kesenian kuda lumping (jaran kepang) yang merupakan tarian rakyat ternyata masih tetap lestari. Terbukti saat pemuda pemudi Desa Capang, Kec. Purwodadi Kabupaten Pasuruan menggelar  kesenian Jaran Kepang, pencak silat. Sabtu (14/4), kegiatan ini disambut antusias oleh para pelaku seni kuda lumping oleh Masyarakat sekitarnya.

Meski harus bermalam-malam, warga masyarakat terlihat sangat antusias menonton acara yang digelar di Desa Capang tersebut hingga usai. Ada yang menarik ia juga menggelar liwetan (masak nasi) dimalam hari.

Tokoh Muda dan Juga Kader Partai NasDem Kecamatan Purwodadi Ahmad Aminuddin, mengungkapkan sengaja menggelar kegiatan jaran kepang, pencak silat dan liwetan  ini adalah untuk mengangkat budaya lokal. Ditambahkannya, kegiatan kali ini turut mengundang dari desa sebelah, desa Jatisari, Desa Gajah Rejo dan Desa Tambak Sari.

“Kegiatan ini kami gelar untuk melestarikan seni kuda lumping, pencak silat dan kesenian lainnya sebagai khasanah senian budaya lokal, sekaligus menumbuhkan semangat gotong royong pemuda pemudi ” jelas Amin, Sabtu (14/4).

Dengan adanya kegiatan ini Amin berharap kesenian dan budaya bisa terus hidup dan tak tergerus perkembangan zaman. Terlebih untuk kesenian kuda lumping dan pencak silat sudah berulang kali meraih juara di tingkat nasional.
Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Pasuruan H. Joko Cahyono (Kaji Joko) berharap kegiatan model seperti itu bisa menjadi agenda rutin yang nantinya berdampak positif pada arti keberadaan kader Partai NasDem dimasing-masing daerah serta memacu semangat kebersamaan.

“Kami memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan kesenian dan pagelaran budaya tersebut. Di era modern seperti ini sangat perlu menjaga warisan budaya, agar mampu terus mengenalkan kepada generasi anak muda hari ini ” jelas Kaji Joko yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan. (uzi)

Share on Google Plus

About partainasdempasuruan

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar